cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
ISSN : 20857721     EISSN : 26220733     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus berkaitan dengan ilmu manajemen bisnis dan akuntansi keuangan terutama yang terkait dengan praktek bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019" : 8 Documents clear
Pengaruh Persepsi Nasabah BRI Pada Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah BRI Kanca Wonosari Purnomo, Eko
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas dengan dimediasi oleh variabel kepuasan nasabah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada sebanyak 140 responden yang seluruhnyamerupakan nasabah bank BRI Kanca Wonosari. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptf dan kuantitatif untuk mengetahui gambaran persepsi kualitas layanan, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah serta untuk menguji pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas dengan dimediasi oleh variabel kepuasan nasabah.Berdasar hasil analisis jalur, diperoleh hasil bahwa persepsi kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,600, selanjutnya kepuasan nasabah juga berpengaruh secra positif dan seignifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,626, didukung dengan hasil uji Sobel diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan nasabah mampu memediasi pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah, meskipun secara langsung, persepsi kualitas layanan juga dapat berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,250, namun persepsi kualitas layanan responden yang tinggi dan didukung dengam adanya kepuasan nasabah yang tingg akani lebih tinggi meningkatkan loyalitas nasabah.
Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin Rusi, Ibnur
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fasilitas teknologi dan jaringan internet, serta kemudahan dalam mengaksesnya pada perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa untuk kemudian dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Melalui fasilitas internet yang disediakan oleh perguruan tinggi, mahasiswa dapat mengakses segala macam bentuk informasi untuk memenuhi kebutuhan ilmu dan mengerjakan tanggungjawabnya, tetapi pemanfaatan internet sering disalahgunakan untuk hal yang tidak berguna yang tidak ada kaitannya untuk menunjang pembelajaran, seperti mengakses media sosial dan bermain game online. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan motivasi belajar dengan mempertimbangkan jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Singkawang dengan menggunakan pendekatan model TAM (Technology Acceptance Model), sedangkan untuk menguji validitas dan realibilitas menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kemudahan penggunaan dan manfaat penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dan minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan hasil dari mahasiswi variabel kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi akan tetapi kemudahan penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi dan minat belajar mahasiswi mempengaruhi motivasi belajar mahasiswi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi STIE Mulia untuk memaksimalkan penggunaan internet guna mendukung kegiatan pembelajaran.
Konseptualisme dan Validasi Instrumen Narimo Ing Pandum (Studi pada SMK Jetis Perguruan Tamansiswa Yogyakarta) Prayekti, Prayekti
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.102113

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memvalidasi instrumen narimo ing pandum. Adapun populasi penelitian adalah guru dilingkungan Perguruan Tamansiswa Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 30 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian  dengan uij validitas menunjukkan bahwa instrumen narimo ing pandum mempunyai validitas karena 0,5. Untuk hasil uji reliabiltas dengan Cronbach’s Alpha 0,928, telah memenuhi persyaratan karena 0,60.
Persepsi Pegawai Mengenai Keadilan Dalam Pemberian Tunjangan Kinerja Di Polres Metro Bekasi Kota Ayu Sarie Asdaryati; Lina Miftahul Jannah
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jbti.101111

Abstract

Pemberian tunjangan kinerja di organisasi Polri bertujuan untuk memotivasi aparaturnya dalam bekerja. Tunjangan kinerja sendiri merupakan imbalan yang diberikan berdasarkan usaha, jerih payah dan kontribusi pegawai yang diberikan pada organisasi yang terangkum dalam penilaian kinerja bukan berdasarkan pangkat dan golongan saja.  Selain itu tunjangan kinerja pun harus menganut prinsip keadilan dan kelayakan, oleh karena itu dalam pelaksanaanya diperlukan strategi yang tepat untuk bisa menerapkan prinsip tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan mixed methode melalui survei dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada perbedaan persepsi pegawai mengenai keadilan dalam pemberian tunjangan kinerja. Selain itu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan mengacu pada  kehadiran, kinerja, beban tugas, tanggung jawab serta resiko pekerjaan dari anggota yang dilakukan sehari-hari.
Pengaruh Persepsi Nasabah BRI Pada Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah BRI Kanca Wonosari Eko Purnomo
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.101115

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas dengan dimediasi oleh variabel kepuasan nasabah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada sebanyak 140 responden yang seluruhnyamerupakan nasabah bank BRI Kanca Wonosari. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptf dan kuantitatif untuk mengetahui gambaran persepsi kualitas layanan, kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah serta untuk menguji pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas dengan dimediasi oleh variabel kepuasan nasabah.Berdasar hasil analisis jalur, diperoleh hasil bahwa persepsi kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,600, selanjutnya kepuasan nasabah juga berpengaruh secra positif dan seignifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,626, didukung dengan hasil uji Sobel diperoleh kesimpulan bahwa kepuasan nasabah mampu memediasi pengaruh persepsi kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah, meskipun secara langsung, persepsi kualitas layanan juga dapat berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien jalur sebesar 0,250, namun persepsi kualitas layanan responden yang tinggi dan didukung dengam adanya kepuasan nasabah yang tingg akani lebih tinggi meningkatkan loyalitas nasabah.
Pengaruh Keadilan Distributif Kompensasi dan Keadilan Prosedural Kompensasi terhadap Employee Engagement dan Kinerja Karyawan PT. Ameya Livingstyle Indonesia Aginza Dio Rama Pandita; Musoli Musoli
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.101112

Abstract

The purpose of this research are to know and analyze the influence of distributive justice compensation to employee engagement of PT. Ameya Livingstyle Indonesia, knowing and analyzing the effect of procedural fairness of compensation on employee engagement of PT. Ameya Livingstyle Indonesia, knowing and analyzing the influence of distributive justice compensation on the performance of employees of PT. Ameya Livingstyle Indonesia, knowing and analyzing the effect of procedural fairness of compensation on employee performance of PT. Ameya Livingstyle Indonesia, and know and analyze the influence of employee engagement on the performance of employees of PT. Ameya Livingstyle Indonesia. This research are 93 permanent employees of PT. Ameya Livingstyle Indonesia. Sampling technique using Purposive sampling is sampling method where the sample is taken based on certain criteria, which is only permanent employee of PT. Ameya Livingstyle Indonesia numbering 93 people. Data analysis method using Linear Regression Model Structural Equation Model (SEM) AMOS in this research is used to know and analyze impact. The results of the analysis is identified most respondents assess Distributive Justice Compensation Employees known PT. Ameya Livingstyle Indonesia, High (Mean 4.17). Identified most of the respondents judge Procedural Justice Compensation Employees remain PT. Ameya Livingstyle Indonesia, High (Mean 3.98). Known most respondents rate Employee Engagement Employees Employees permanent PT. Ameya Livingstyle Indonesia, Height (Mean 4.02). Known most respondents rate Employee Performance PT. Ameya Livingstyle Indonesia, Height (Mean 4.08). The results of the analysis show that Distributive Justice Equity significantly affects Employee Engagement Employees PT. Ameya Livingstyle Indonesia (value of probability t-count (0.000) Level of Significant (0,05)), Procedural Justice Compensation has significant effect to Employee Engagement Employee PT. Ameya Livingstyle Indonesia (value of probability t-count (0.000) Level of Significant (0,05)), Distributive Justice Compensation has significant effect to Employee Performance of PT. Ameya Livingstyle Indonesia (value probability t-count (0.040) Level of Significant (0,05)), Justice Prosedural Compensation has a significant effect on Employee Performance Employees PT. Ameya Livingstyle Indonesia (probability value t-count (0,000) Level of Significant (0,05)). This can be interpreted, if the Justice Procedural Compensation increases, then Employee Performance Employees PT. Ameya Livingstyle Indonesia has increased, Employee Engagement has a simultaneous influence on Employee Performance Employees PT. Ameya Livingstyle Indonesia (probability value t-count (0,000) Level of Significant (0,05)).
Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Mempertimbangkan Jenis Kelamin Ibnur Rusi
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.101116

Abstract

Fasilitas teknologi dan jaringan internet, serta kemudahan dalam mengaksesnya pada perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa untuk kemudian dimanfaatkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran mereka. Melalui fasilitas internet yang disediakan oleh perguruan tinggi, mahasiswa dapat mengakses segala macam bentuk informasi untuk memenuhi kebutuhan ilmu dan mengerjakan tanggungjawabnya, tetapi pemanfaatan internet sering disalahgunakan untuk hal yang tidak berguna yang tidak ada kaitannya untuk menunjang pembelajaran, seperti mengakses media sosial dan bermain game online. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan motivasi belajar dengan mempertimbangkan jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Singkawang dengan menggunakan pendekatan model TAM (Technology Acceptance Model), sedangkan untuk menguji validitas dan realibilitas menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kemudahan penggunaan dan manfaat penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dan minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan hasil dari mahasiswi variabel kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi akan tetapi kemudahan penggunaan internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswi dan minat belajar mahasiswi mempengaruhi motivasi belajar mahasiswi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi STIE Mulia untuk memaksimalkan penggunaan internet guna mendukung kegiatan pembelajaran.
Pengaruh Kegiatan Festival Cap Go Meh Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Sektor Perdagangan dan Jasa Kota Singkawang Singgih Tiwut Atmojo
JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi Vol 10, No 1 (2019): Februari 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/bti.101114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari dilaksanakan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, dan juga untuk melihat seberapa besar pengaruh dari dilaksakanya Festival Cap Go Meh tersebut khususnya pada sektor perdagangan dan jasa. Dimana diketahui Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan barat. Pariwisata menjadi andalan di Kota Singkawang khususnya melalui Festival Cap Go Meh ini, sebagaimana diketahui pada perayaan Cap Go Meh sudah menjadi kegiatan budaya rutin yang selalau mampu mendatangkan wisatawan-wisatawan baik luar maupun dalam negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey pada pelaku perdagangan dan jasa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang terbagi 90 orang pada sektor perdagangan dan 10 pada sektor jasa dengan proporsi 5 pada jasa hotel dan 5 pada jasa taxi (travel). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan: (1)Bahwa selama kegiatan festival Cap Go Meh berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan di sektor perdagangan dan jasa. (2)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor perdagangan rata-rata sebesar 42,70%. (3)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor jasa rata-rata sebesar 56%. (4)Pelaku usaha disektor perdagangan merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 7 hari. (5)Pelaku usaha disektor jasa merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 6 hari. 

Page 1 of 1 | Total Record : 8